Fungsi Obat Meylon

 

ILMUKESEHATAN.COM – Obat Meylon-84 Injection adalah salah satu jenis cairan yang digunakan untuk perawatan, kontrol, pencegahan, dan perbaikan penyakit, kondisi dan gejala pada masalah keasaman dalam darah, lavage lambung pada keracunan metanol, mulas dan urine alkalisasi.

Meylon 84

Meylon-84 merupakan larutan elektrolit Alkalinisation sistemik yang berupa Natrium bikarbonat 8.4% infus intravena B.P. dengan tampilan yang tidak berwarna, dengan steril solusi masing-masing berukuran 25 ml.


Fungsi dan Kegunaan Meylon-84

Dalam bahasa sehari-hari obat Meylon-84 ini disebut juga sebagai infus Natrium bikarbonat yang seringkali kita temukan dalam pengobatan pasien dengan asidosis metabolik yang parah seperti seperti ketoasidosis, asidosis hiperkloremik dan asidosis laktat.

 

Cairan ini digunakan sebagai terapi sistemik alkali yang bertindak sebagai penyangga, membantu dalam koreksi asidosis dan meningkatkan status hemodinamik. Selain itu, infus intravena natrium bikarbonat dapat meningkatkan ekskresi salisilat dengan mengangkat intraluminal pH.

Efek Samping Meylon-84

Penggunaan obat Meylon-84 bisa menyebabkan efek samping, meskipun jarang ditemukan. Beberapa efek samping ini langka tetapi serius. Konsultasi pada dokter Anda jika Anda melihat efek samping berikut, terutama jika efek samping tersebut tidak hilang.

  • Pembengkakan kaki atau kaki yang lebih rendah
  • Kelelahan yang tidak biasa atau kelemahan
  • Nyeri otot atau berkedut
  • Sering ingin buang air kecil
  • Cepat bernapas
  • Rasa menyenangkan

Penggunaan obat Meylon-84 ini harus dibawah pengawasan dokter. Tidak disarankan menggunakan Meylon hanya karena informasi yang tidak didasarkan pada diagnosa dan pemeriksaan profesional dokter Anda.