Begini Caranya Menidurkan Bayi Anda


ILMUKESEHATAN.COM – Membuat bayi tidur di malam hari memang menjadi satu hal yang kadang melelahkan. Apalagi jika anda dan suami telah beraktifitas yang cukup melelahkan selama sehari penuh.

Namun, meskipun sulit pada awalnya, secara perlahan anda dan suami akan menemukan pola sendiri untuk dapat menenangkan bayi agar tertidur.

Begini Caranya Menidurkan Bayi Anda


Secara umum, terdapat 4 metode yang dapat anda terapkan untuk membuat bayi terlelap. Metode tersebut adalah:

 

Metode Ferberizing

Metode ini adalah metode yang dilakukan dengan membiarkan bayi anda menangis dalam durasi yang bertahap sebelum anda menggendongnya. Namun, metode ini jarang digunakan karena kebanyakan orang tua merasa tidak tega dengan bayinya.

Namun, metode ini sebenarnya dapat digunakan asalkan anda mengetahui jadwal tidur bayi anda dan peka terhadap penyebab bayi anda menangis. Sebelum melakukan metode ferberizin untuk membuat bayi tertidur, terlebih dahulu anda perlu membuat suasana tenang yang menandakan waktu tidur bagi bayi anda.

Metode No Cry

Berbeda dengan metode ferberizing, metode no cry adalah metode untuk menjaga bayi tetap terlelap dan tidur dengan nyaman sepanjang malam.

Metode ini cocok untuk anda yang tidak keberatan untuk bangun di malam hari dan melakukan banyak kontak fisik dengan bayi.

Untuk menerapkan metode ini, anda perlu berada di dekat bayi anda sepanjang malam dan segera membuat bayi nyaman begitu ia terbangun.

Salah satu caranya adalah dengan mendekatkan bayi anda dengan ASI. Bila anda memutuskan untuk tidur bersama dengan bayi, pastikan bahwa bayi merasa nyaman dan aman dari resiko tertindih.

Metode Long Good Bye

Dalam menerapkan metode ini, anda dapat membiasakan bayi anda untuk berbaring di tempat tidurnya hingga mengantuk. Dan ketika bayi anda rewel, maka anda dapat menepuk-nepuknya hingga tenang.

Saat menggunakan metode ini, jika bayi anda menangis, sebaiknya anda tidak langsung menggendongnya, namun menunggu hingga bayi anda histeris dulu.

Anda perlu melakukan metode ini secara konsisten agar bayi anda bisa terbiasa. Selain itu, dalam menerapkan metode ini, sebaiknya anda tidak terburu-buru meninggalkan bayi anda sendiri sebelum mereka terbiasa.

Metode Self Soothing

Dalam metode ini, anda membiarkan bayi anda untuk tidur sendiri dengan membiasakan jadwal tidur dan menenangkannya dengan cara verbal.

Sebelum menidurkan bayi, sebaiknya anda membuatnya nyaman dengan memandikannya dengan air hangat, lampu redup, atau membacakan cerita yang bisa menenangkan bayi anda.

Dan penting untuk membuat bayi tenang dengan suara anda agar dapat membantu bayi saat terbangun di malam hari. Dalam menerapkan metode ini, biasanya membutuhkan waktu sekitar satu pekan hingga bayi bisa terbiasa.