Cara Mengobati Sakit Perut Secara Alami


Ilustrasi Penderita Sakit Perut

ILMUKESEHATAN.COM – Seringkali kita merasakan sakit pada perut bukan penyakit yang tergolong akut, tetapi bila sudah berbicara dengan kesehatan perut maka  kita diharapkan untuk waspada. Apabila perut terganggu otomatis semua kegiatan akan terganggu.

Nah, untuk mengatasi penyakit perut yang ringan, ada beberapa cara di bawah ini yang bisa Anda coba:


Perut Kembung

Teh

 

Minum teh hangat (jangan menambahkan gula terlalu banyak) untuk menetralisir gas di lambung.

Ketumbar

Ambil beberapa biji ketumbar, daun katuk, bawang merah dan buah pinang secukupnya.
Campur semua bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan air dan aduk sampai merata, selanjutnya tempelkan ramuan pada bagian perut yang sakit.

Bawang Merah

Parut beberapa siung bawang merah, kemudian campurkan parutan bawang merah tersebut dengan minyak telon, selanjutnya tempelkan campuran bawang tersebut di bagian pusar.

Daun Katuk

Ambil 3 lembar  daun jarak pagar,  kemudian hangatkan dengan cara dikukus, selanjutnya campur  dengan minyak kelapa lalu pilin-pilin, terakhir tempelkan pilinan daun jarak tersebut pada pusar.

Diare

Sirsak

Ambil 1 buah sirsak yang sudah masak kupas dan buang bijinya. setelah dikupas peras airnya, campurkan  perasan sirsak tersebut dengan 1 gelas air matang, lalu tambahkan susu kental manis secukupnya aduk rata, kemudian minum sehari 2 kali.

Daun Jambu

Ambil 6 lembar daun jambu biji lalu cuci bersih dengan air matang, kemudian tumbuk daun jambu hingga halus, selanjuynya tambahkan  1 gelas air matang  aduk rata dan saring, lalu minum air jambu biji tersebut 2 sampai 4 kali sehari.

Larutan Garam Gula

Campurkan 1 sendok teh gula dengan ¼ (seperempat) sendok teh garam
dalam 1 gelas air masak aduk rata, kemudian minum larutan tersebut 2 sampai 3 kali sehari.

Wortel

Pilih wortel yang sudah masak menjadi sop wartel, kemudian makan selagi hangat Sop wortel berkhasiat  untuk menambah asupan kalsium, matrium, belerang, fosfor, potasium dan magnesium. Selain itu berguna untuk mengatasi dehidrasi dan  kekurangan pektin yang dapat mencegah terjadinya radang usus.

Kunyit

Bakar 1 atau 2 jari kunyit kemudian potong-potong kecil, tambahkan 7 pucuk daun jambu biji dan garam seperempat sendok teh, kemudian rebus campuran bahan tersebut dengan 2 gelas air lalu rebus menggunakan api kecil sampai mendidih, setelah mendidih angkat dan saring terakhir minum airnya.

Buang Air Besar (BAB) Berdarah

Daun Alang – alang

Rebus 6 lembar daun alang-alang  dalam 3 gelas air sampai mendidih menjadi kurang lebih 2 gelas, kemudian saring air rebusan tersebut, minum sarinya 2 sampai 3 kali sehari. Untuk  perebusan selanjutnya gunakan daun alang-alang yang baru.

Kayu Secang

Potong-potong 1 jari kayu secang kemudian rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 1/2 gelas. Saring air hasil rebusan tersebut lalu minum airnya (dapat ditambahkan madu). Minum  2 gelas sehari.

Muntah – muntah

Beras Kencur

Cuci 1 sendok makan beras kemudian rendam sebentar,  sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, kemudian tumbuh  halus dengan mecampurkan 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis,campurankan beras kencur yang sudah dihaluskan tersebut dengan air panasselanjutnya tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa, aduk rataSaring, kemudian minum air beras kencur.

Ketumbar 

Rebus 1/2 sendok teh ketumbar halus, 5 butir adas hitam dan 3 butir kapulaga dalam setengah gelas air. Setelah dingin kemudian minum sesering mungkin.