Umeboshi, Acar Jepang Kaya Manfaat


ILMUKESEHATAN.COM – Seiring perkembangan zaman, gaya hidup sehat juga membawa berbagai tren gaya hidup baru. Salah satunya adalah munculnya berbagai macam makanan sehat yang menjadi pendukung gaya hidup sehat yang anda jalani. Kebiasaan makan masyarakat jepang merupakan salah satu contoh kebiasaan makan yang sehat, khususnya bagi anda yang tengah menjalankan program diet untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kebiasaan masyarakat Jepang dalam mengkonsumsi umeboshi dapat menjadi salah satu kebiasaan makan yang dapat anda tiru.

Umeboshi adalah acar yang dibuat dengan bahan dasar aprikot khas Jepang. Rasa umeboshi cenderung asam dan asin serta menyegarkan. Selain itu, umeboshi juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat umeboshi bagi tubuh anda:


Menetralisir Asam Laktat

 

Peningkatan asam laktat dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh merasa lelah, sakit kepala, dan juga pegal-pegal pada otot dan sendi. Selain itu, asam laktat yang berlebih juga dapat menghambat metabolisme tubuh dan bahkan menyebabkan penuaan dini. Peningkatan asam laktat dalam tubuh bisa disebabkan oleh kebiasaan makan yang kurang baik ataupun stress. Mengkonsumsi umeboshi dapat membantu tubuh menetralisir asam laktat dan menormalkan pH dalam darah sehingga membantu anda untuk senantiasa prima.

Membantu Proses Pencernaan

Umeboshi memiliki suatu zat yang dapat melindungi saluran perncernaan dari berbagai bakteri jahat yang merugikan, yaitu zat catechins. Selain itu, umeboshi juga membantu meningkatkan gerak peristaltik usus dan memaksimalkan fungsinya. Bahkan, umeboshi juga dapat membantu meminimalisir dampak dari keracunan makanan.

Meningkatkan Imunitas

Manfaat umeboshi lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Kandungan antibiotik alami pada umeboshi dapat membantu tubuh anda agar lebih kebal terhadap serangan penyakit seperti flu, demam, dan sakit tenggorokan. Selain itu, umeboshi juga membantu dan melindungi ginjal sehingga ginjal dapat bekerja lebih maksimal dalam menyaring racun.

Itulah beberapa manfaat umeboshi yang sangat baik bagi tubuh anda. Jika anda penasaran ingin mencobanya, anda dapat menemukan umeboshi saat berkunjung ke restoran Jepang atau membelinya di beberapa toserba yang menjual umeboshi.